Tips Memilih VGA buat Pemula

http://ecx.images-amazon.com/images/I/81IlZ4IUGjL._SL1200_.jpg
hicteam.org~Hello sobat, bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia komputer, khususnya para gamer, pasti tidak asing dengan yang namanya VGA atau ada yang bilang juga GPU (:bukan balsem). Nah, VGA atau GPU yang berarti "Graphics Processing Unit" merupakan sebuah komponen atau hardware yang penting dalam sebuah komputer. Tanpa GPU komputer tidak bisa menampilkan gambar, karena tugas dari hardware ini adalah memproses data yang nantinya bisa divisualisasikan. GPU terdiri dari 2 macam yaitu Onboard dan Add-On. GPU OnBoard adalah GPU yang sudah terdapat dalam processor, jadi tidak memerlukan slot khusus pada motherboard. Sedangkan GPU Add-On, adalah GPU yang merupakan GPU yang terpisah dari processor alias berdiri sendiri, dan pemasangannya memerlukan slot khusus pada motherboard.
GPU atau VGA memiliki banyak varian di pasar, semuanya tergantung kebutuhan. Nah berikut ini ada beberapa tips untuk memilih sebuah VGA yang kita perlukan :

1. Kenali Kebutuhanmu
  
    Sebelum memilih VGA kita harus tahu apa yang kita butuhkan dan kenapa kita perlu membelinya. Jangan sampai kejadian, kalau kebutuhan anda hanya mengetik di Word kemudian anda membeli VGA Gaming High-End tentu saja itu sangat boros sekali karena untuk kebutuhan seperti itu cukup dengan VGA OnBoard sudah mumpuni. Berbeda bila anda memang memiliki kebutuhan seperti rendering video atau gaming, sah-sah saja anda membeli VGA yang berkualitas High-End karena memanga kebutuhan tersebut harus didukung hardware pemroses grafis yang handal.

2. Merk VGA
  
    Merk..???Yup merk juga punya andil dalam sebuah produk, Mengapa? karena bila kita lihat seperti halnya HP tentunya merk yang terkenal seperti Samsam dengan Maito tentu berbeda jauh dari kualitas produknya kan. Nah merk ini yang menjadi tolak ukur yang mudah dalam menentukan kualitas dari VGA yang nantinya kita pinang. Merk merk terkenal tentunya menggunakan komponen-komponen yang berkualitas unggul sehingga kita bisa percaya ketahanan VGA tersebut.

3. Kapasitas Memory

http://img.diytrade.com/cdimg/532134/3443478/0/1175667318/Graphics_card_NVIDIA_GeForce_7300GT_512M_DDR2.jpg    VGA juga mempunyai memory tersendiri yang cara kerjanya mirip dengan RAM yaitu menyimpnan sementara data yang telah diolah oleh GPU dan kemudian di transfer ke RAMDAC. Kemudian RAMDAC akan mengubah data digital ke data visual dan mengirimkan hasilnya untuk di tampilkan ke monitor melalui kabel VGA, DVI dan HDMI. Semakin besar memorynya maka semakin baik VGA tersebut dalam menghandle pemrosesan grafik kita.




4. Tipe Memory
 
    Tipe memory VGA juga sama seperti RAM, ada yang DDR 1, DDR 2, DDR 3, DDR 5. Semakin tinggi DDR nya maka semakin hadal VGA tersebut dalam bekerja. Ketika anda membeli VGA janganlah terpaku pada besar memory yang ditawarkan saja tapi anda harus lebih aware dengan tipe memory yang digunakan. VGA dengan memory 2 GB DDR 3 masih kalah jauh dibandingkan VGA 1GB DDR5.

5. PCIe

    PCIe ini mirip seperti socket pada processor. PCIe ini ada beberapa macam contohnya 1.0, 2.0 dan 3.0, dengan pilihan kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x dan 16x. Dan tiap-tiap motherboard belum tentu sama slot PCIe nya dengan VGA yang anda beli, untuk itu akankah lebih baik bila anda menggunakan motherboard dengan PCIe yang terbaru karena akan memudahkan anda dalam penghematan budget untuk tidak membeli motherboard baru tiap kali upgrade VGA karena tidak sesuai PCIe.

Itu tadi beberapa tips buat para pemula yang mau mencari VGA buat komputernya. Semoga tips diatas dapat bermanfaat...
HIC..It Banget...
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit