Tips Membeli Laptop Baru


Di zaman yang serba modern ini setiap pekerjaan yang kita lakukan tak akan terlepas dari yang namanya teknologi, untuk dapat memudahkan pekerjaan manusia maka sangatlah diperlukan teknologi yang memiliki kemampuan mobilitas yang tinggi. Dan untuk memenuhi kebutuhan teknologi tersebut maka kita memerlukan sebuah komputer yang praktis untuk dibawa ke mana-mana, yang lebih kita kenal sebagai laptop
Nah, ternyata dalam
hal salah pilih laptop dapat mengakibatkan kesalahan yang fatal. Maka dari itu perlu kita perhatikan beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih/ membeli laptop.

1. Fungsi laptop
Fungsi laptop haruslah sesuai/ dapat memenuhi kebutuhan kita.
Apabila hanya untuk mengerjakan tugas sekolah/ pekerjaan kantor laptop/ notebook 14" dengan spec yang biasa saja sudah cukup. Biasanya harganya sekitar 3 jutaan sudah dapat, kalau mau yang agak bagus 4 juta sudah dapat, malah bisa buat main game2 yang tidak terlalu berat

2. Ukuran layar
Apabila kebutuhan mobilitas anda tinggi maka sangat disarankan untuk menggunakan laptop dengan ukuran layar yang kecil saja (14"), namun apabila kebutuhan anda adalah desain grafis (edit foto, video, drawing) atau gaming maka disarankan ukuran layar 18" atau lebih demi menunjang kenyamanan user.

3.Jarak antara tombol dan keyboard
Bentuk dan ukuran keybiard harus diperhatikan, karena keyboard laptop tak dapat kita ganti walaupun kita dapat menggunakan keyboard eksternal. Yang perlu diperhatikan pada keyboard adalah jarak antar tombol dan bentuk tombol seperti enter, backspace,shift harus memiliki ukuran yang berbeda dari lainnya.

4. Touchpad
Selain keyboard touchpad harus diperhatikan juga agar nyaman dan maksimal dalam penggunaannya. Untuk touchpad yang harus diperhatikan adalah ukuran, kehalusan permukaan, dan tombol click nya. Touchpad berukuran lebar akan memudahkan kita dalam mengeksplor laptop kita.

5. Baterai
Untuk memenuhi kebutuhan mobilitas yang tinggi baterai yang memiliki daya tahan lama sangatlah penting, mengingat jarangnya colokan di tempat umum dan belum adanya power bank untuk laptop (hehehe ...). Dan agar baterai laptop kita awet maka hindari untuk melepas baterai laptop kita.

6. Merek
Merek juga sangatlah penting. Merek yang mahal belum tentu kalah bagus dengan merek yang biasa, untuk memilih merek sebaiknya anda melihat kebanyakan orang memakai laptop apa, usahakan jangan terlalu sedikit orang yang memakai merek tersebut, kecuali laptop gaming seperti Alien Ware tentu saja sangat jarang orang yang pakai (mahal sob ..). Dan juga perhatikan apakah ada service center merek tersebut di kota anda, agar anda mudah melakukan servis saat terjadi trouble.

7. Sistem Operasi
Perhatikan laptop yang anda beli apakah mendukung OS yang anda butuhkan, atau yang anda butuhkan ke depannya. Beli lah OS ori, jangan yang bajakan (ntar dosa lhooo ... hehehehe).

8. Spec Laptop
Saat membeli laptop cobalah perhatikan dalaman laptop, seperti : 
Ram
Processor
Baterai
VGA
Hard Disk
dll
Untuk mengecek spec latop anda, bisa memakai speecy yang didownload di sini atau dengan mengetikan dxdiag pada menu run (win + R).

9. Budget
Nah yang paling penting adalah berapa budget yang anda miliki, pilihlah laptop yang sesuai budget anda agar tidak menimbulkan utang hehehehe ....


Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

2 comments

Nah ini, kebanyakan kalau beli laptop tuh udah tertanam os bajakan mas bukan ori :(

SocialMast adalah media online yang membahas tentang Teknologi, Gadget, Komputer, Kami juga memberikan beberapa Tips serta Fakta Menari juga.